Kamis, 11 Juni 2015

Tantangan 4 Menit Roger Bannister



Ini salah satu cerita yang aku bawakan saat Training Motivasi 'Inspirasi Pemimpin Sukses' di Oriflame Sudirman hari Jumat, 5 Juni 2015 lalu.

Dulu tidak pernah ada orang yang mampu lari sejauh 1,6km (1 mil) dalam waktu kurang dari 4 menit. Bertahun-tahun orang mencoba dan tidak ada yang pernah berhasil. Sehingga jadi kesepakatan umum kalau tidak mungkin kita manusia lari sejauh 1,6km dalam waktu kurang dari 4 menit. Komunitas medis saat itu juga mendukung hal ini. Bahwa tidak mungkin manusia berlari 1,6km dalam waktu kurang dari 4 menit. Sehingga makin yakinlah orang-orang bahwa hal ini memang tidak mungkin.

Roger Bannister, seorang pelari Inggris biasa, bercita-cita untuk menjadi orang pertama yang bisa melakukannya.
Faktanya, dia adalah pelari dengan prestasi biasa saja dan banyak sekali pelari dengan prestasi lebih gemilang dari dirinya. Dia berlatih ekstra keras, baik secara fisik dan mental. Keyakinan dia tanamkan bahwa dia bisa dan terus membayangkan bahwa dia bisa menaklukkan tantangan lari 4 menit ini.

Pada 6 Mei 1954, Roger Bannister mengejutkan dunia dengan berhasil menjadi orang pertama di dunia yg berlari 1,6km dengan catatan waktu 3,59,4 menit.

Yang lebih mengagetkan, dalam setahun setelah pencapaiannya ini, 37 pelari lain mampu memecahkan rekornya ini. Dan yang menakjubkan dalam 3 tahun kemudian, ada 300 pelari yang bisa melakukan hal yg sama!
Suatu hal yg sebelumnya dianggap tidak mungkin dan mustahil.

Lalu kenapa sekian lama tidak ada seorang pun yang mampu mencapainya?
Begitu ada seorang pelari 'biasa' mampu melakukannya, maka banyak orang lain yang mampu.
Jelaslah ini membuktikan, bahwa yang menghalangi banyak orang untuk meraih target dan impian mereka dan potensi mereka sepenuhnya bukanlah karena kurangnya kemampuan, tetapi KURANGNYA KEYAKINAN.
Sesimple itu..

Jadi, seberapa YAKIN teman-teman akan impian yg sedang dipeluk? 😊😊😊

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar