katalog, diapain ya?


Modal utama bisnis oriflame ini bukanlah punya laptop buat presentasi, atau kamera untuk foto2 pas kelas training/beauty demo, atau blackberry untuk eksis pasang status ttg oriflame.. heheheehe.. walopun kalau punya benda2 tersebut ya jadi tambahan benefit tentunya..

Modal utama kita dalam berbisnis oriflame ini ya KATALOG.

Investasikan katalog 20pc setiap bulannya. Harga 20pc katalog itu hanya 33.900 rupiah lho! Jadi kalau kita hitung2, harga 1pc-nya cuma sekitar 1700 rupiah.
Murah? Buangeeeeeeet!

Lalu, dikemanakankah katalog 20pc itu?
Naaah, saatnya memanfaatkan jasa katalog untuk mengembangkan bisnis oriflame kita ini.
Ada beberapa cara yg bisa kita pakai untuk memaksimalkan penggunaan katalog, apabila kita memilih untuk menjadi penjual ataupun pebisnis MLM-nya.


Penjual
Apabila kita lebih tertarik untuk menjadi penjual, maka tunjukkanlah katalog2 kita kepada teman, saudara, tetangga, ataupun kolega di kantor.
Kita gak perlu lho menerangkan ttg produk2 yg ada di dalam katalog tersebut, karena pada dasarnya si katalog sudah 'menjual' dirinya sendiri. Karena niih, biasanya salah satu alasan orang pikir2 untuk join oriflame adalah,
"aduuh, saya gak bisa jualaaaan!"
iya kaaan? hayoo pada ngakuuuu... heheheheheehe
Percaya deh sama aku, gak perlu kemampuan sales ataupun marketing tingkat tinggi supaya bisa menjual produk2 ini. Tunjukkan aja katalog, biarlah katalog itu yg bekerja untuk kita.

Kita bisa membuka kalimat percakapan dengan:
"eh, sekarang saya gabung di oriflame lhoo.. ini ada katalog terbaru bulan ini. Diliat2 deh ya, siapa tau ada produk yg diminati"

Lalu?
tinggalkan deh katalog itu bersama sang calon costumer kita. Berapa lama? minimal 1 hari, karena dengan rata2 100 halaman yg dimiliki setiap katalog, orang pasti butuh waktu untuk liat2 dan menentukan, produk mana yg dia butuhkan.

-----@-----
note:
jangan pernah lupa untuk menuliskan nama dan no telpon kita di halaman depan katalog. Karena dengan ini katalog kita jadi punya jejak. Keuntungan lainnya adalah, kalau ada teman2 dari si pemegang katalog ada yg membaca dan tertarik juga untuk memesan produk, mereka tau harus menghubungi siapa.
-----@-----

Setelah sehari atau 2 hari, silahkan follow up dengan menanyakan apakah ada produk yg ingin dipesan.
Kalau ada.. alhamdulillaaah.. :-)
kalau gak ada.. ya tetap alhamdulillah dong, setidaknya teman kita itu jadi tau, kemana dia harus memesan kalau butuh produk2 oriflame. Iya kan? hihihihi..

Ambil kembali katalognya, dan tunjukkan kepada teman yg lain, dan lakukan prosedur yg sama. Kalau kita konsisten melakukan ini dalam 1 bulan dengan 20 katalog yg kita miliki tersebut, 75 poin mah lewaaaat! serius!


Pebisnis MLM
Lalu, kalau kita memilih untuk menjalankan bisnisnya, katalognya diapain dong?
Ingat, inti dari bisnis apapun tetaplah pada adanya penjualan. Demikian juga dengan bisnis oriflame ini. Maka pada saat kita memilih untuk lebih mengembangkan jaringan MLM-nya, kita tetap melakukan penjualan atau membeli untuk diri sendiri dan keluarga.

Kalau kita memilih untuk melakukan penjualan, maka gunakan 5 katalog untuk mencari pelanggan. Dengan memiliki pelanggan tetap, maka kewajiban poin pribadi sebanyak 75 poin bisa ditutup.

Nah, 15 katalog lainnya untuk apa?
Untuk merekrut tentunya. Saat kita menjelaskan sistem bisnis oriflame ini kepada teman, saudara atau tetangga, jangan lupa untuk menunjukkan sebuah katalog kepada mereka. Jelaskan bahwa produk2nya sangat beraneka ragam, harga relatif terjangkau, dan habis pakai, sehingga memilih bisnis ini adalah hal yg tepat karena repeat ordernya termasuk tinggi. Selain itu jelaskan juga bahwa oriflame memiliki bisnis MLM yg bisa dilakukan sambil menjual produk.

Ketika sang teman tersebut menyatakan diri bergabung bersama kita di oriflame, hadiahkan katalog tersebut kepadanya, sebagai modal awal memulai bisnis ini.
Biarkan teman kita tersebut mengalami pengalaman betapa relatif mudah menawarkan produk2 oriflame menggunakan katalog, atau bahkan bisa dilihat2 sendiri dan melakukan pemesanan pribadi.. :-)



Nah, sudah tau kan yaa, harus diapain katalog yg 20pc itu?
kalau ada yg belum jelas, silahkan lhooo bertanya.. dengan senang hati akan menjawab sesuai kemampuan.. :-)

Komentar