Senin, 09 Agustus 2010

Tentang SARPIO

Sebagai konsultan oriflame, kita sangat dimudahkan dalam menjalankan bisnis ini, karena oriflame betul2 menyiapkan rencana bisnis yg jelas, mudah diduplikasi, bahkan tehnik yg perekrutan dan penjualan yg sudah teruji.

SARPIO - Sales And Recruitment Processes In Oriflame.
Sistem SARPIO ini diperkenalkan oleh Kirk Rector, seorang trainer dan konsultan bisnis yg dihire secara eksklusif oleh oriflame, sebuah sistem terpadu yang dikembangkan bersama para leader sukses dari lebih 50 negara di seluruh negara, yg mendefinisikan peran dan tanggung jawab berdasarkan level kita di oriflame.
Dari mulai 'getting started' semenjak seorang konsultan pertama kali bergabung, sampai menuju level yg lebih tinggi seperti diamond director atau bahkan lebih tinggi lagi.

Secara garis besar SARPIO terdiri dari 3 level:

Level 1 - konsultan 0-9%
Hal yg harus dilakukan oleh seorang konsultan dengan level 0-9% sangatlah sederhana, mereka hanya perlu melakukan Show, Invite, Attend seetiiaaaaap hari.

Show: menunjukkan katalog kepada teman2 terdekat, keluarga, tetangga dll untuk mulai mengenalkan oriflame kepada mereka, dan juga mengambil orderan dari mereka.

Invite: mengajak teman2 dekat, keluarga, tetangga dll untuk bergabung bersama kita di oriflame, dan meraih penghasilan tak terbatas bersama oriflame.

Attend: menghadiri acara2 training mingguan ataupun pertemuan rutin bulanan untuk menambah ilmu dan motivasi dengan mengajak setidaknya 1 orang teman baru yg akan kita perkenalkan dengan bisnis luar biasa ini.


Level 2 - manager 12-21%
Karena sudah bertitel manager, maka tugas dan tanggung jawab yg dipegang tentu ebih besar. Para manager ini harus melakukan 3 hal setiap bulannya, Recruit, Train, Set goals.

Recruit: walaupun titel kita sudah seorang manager, kita tetap harus melakukan perekrutan pribadi, mencari member2 baru yg nantinya akan kita jadikan sebagai calon2 leader kita. Bukan berarti setelah ber-titel manager kita berhenti merekrut. Karena merekrut adalah 'nyawa' dari bisnis ini.

Train: Saatnya untuk melatih para downline kita untuk bisa melakukan presentasi, membuat pertemuan-pertemuan kecil untuk memperkenalkan oriflame dan bisnisnya. Dengan harapan, pada saat downline kita menginjak titel manager, mereka sudah bisa mandiri melakukan presentasi bisnis.

Set goals: menyusun target sangatlah penting dalam hal apapun, begitu pula di bisnis ini. Maka seorang manager, beserta tim inti haruslah bisa menyusun target mingguan, bulanan bahkan tahunan mereka, agar mudah menentukan langkah2 dalam mencapai level2 berikutnya.

Pada Level 2 ini pula, seorang manager harus mulai melakukan OOM untuk grup kecil.
OOM atau Oriflame Opportunity Meeting adalah pertemuan yg dibuat untuk memperkenalkan oriflame kepada banyak orang, menekankan pada segi bisnis dan kecantikan, yg mana bisa dilakukan di rumah, cafe, restoran ataupun kantor2.
Sebaiknya OOM untuk grup kecil ini dilakukan 2-3 kali seminggu, untuk membantu para konsultan di grup kita dalam memperkenalkan bisnis oriflame kepada calon membernya.


Level 3 - Director
Saat kita mencapai titel director, kita akan mempunyai grup yg terdiri dari minimal 400 orang. Saatnya kita untuk mengelola tim kita dengan baik. Tugas dari seorang director adalah memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk mempelajari dan menjalankan perannya dengan baik. Pada level ini director tetap melakukan Recruit, Train, Set goals.
Selain itu, melakukan OOM mingguan untuk seluruh manager dan konsultan dibawahnya, melakukan pelatihan dan juga peluncuran katalog disetiap awal bulan.

Intinya adalah, buatlah pertemuan sesering mungkin, karena inti dari bisnis ini adalah pertemuan dan perekrutan, lalu dibarengi dengan penjualan. Dengan SARPIO ini, kita dapat mengarahkan jaringan kita dalam program rekrut dan proses penjualan secara terkoordinasi.

Hasilnya?
See you at the TOP!

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar