Kamis, 19 Agustus 2010

Betapa pentingnya bulan pertama..


Sebagian dari kita, mungkin mengalami masa2 sulit diawal bisnis ini. Iya gak?
Kalau enggak, alhamdulillaaaah.. bagus!
kalau iya... SAMA!
hahahahahaha..

Di 3 hari pertama aku memperkenalkan bisnis ini kepada teman2, jumlah yg menolak gak tanggung-tanggung, 30 ORANG! pukul rata, sehari berarti yg nolak waktu aku tawarin bisnis ini 10 orang.. hihihihihi..
See, saya bisa mencapai level Director ini juga ada masa2 sulitnya kok.. pernah ditolak puluhan orang diawal karir saya.. tsaah..
Sebulan lalu aku dan agung, suamiku, pernah dengan niat membuat sebuah 'penelitian' secara statistik terhadap jaringanku. Hasilnya ternyata cukup mencengangkan. 50% dari para member yg berhenti menjalankan bisnis ini, ternyata melakukannya di BULAN PERTAMA.
Lho..lho ada apa dengan bulan pertama di bisnis ini?
Banyak hal yg bisa kami simpulkan, berdasarkan pengalamanku sendiri, maupun cerita para downline.

Bulan pertama ternyata adalah bulan yg cukup krusial dalam bisnis ini.
1. dari beberapa contoh kasus, banyak member yg memilih untuk 'bengong' dulu di bulan pertama, liat2 suasana, belajar sistem dulu tapi gak langsung action, atau malah gak ngapa2in sama sekali karena memang joinnya emang gak niat.. hihihihi
2. dan ini yg paling sering terjadi. Merasa gak berhasil-berhasil merekrut di bulan pertama, maka menilai bahwa dirinya gak bisa, gak bakat, gak mungkin berhasil di bisnis ini, lalu merelakan uang pendaftaran yg 39.900 dan berhenti!

Duuuh, sayang banget padahal..
Pada dasarnya, berbisnis apapun, atau melakukan apapun deh yg baru buat kita, awalnya paaasti akan mengalami kendala. Nggak usah jauh2, belum bisa naik sepeda misalnya. Pertama belajar pasti pakai jatuh dulu, luka dulu, sebelum akhirnya pinter naik sepeda.
Sama hal-nya dengan bisnis ini. Kendala terbesar pasti akan muncul di bulan pertama.
Lalu apa sih yg harus kita lakukan?

Jika kita adalah konsultan baru, dan ini adalah bulan pertama kita..
.. pelajarilah sistem dengan baik dan benar. Dengan lebih mengerti tentang sistem dan cara kerja bisnis ini dengan baik, maka kita juga akan bisa menerangkan secara benar kepada orang yg kita ajak untuk bergabung.
Ikuti kelas2 training atau pertemuan yg ada di oriflame maupun yg klub adakan. Intinya, buatlah diri kita pintar terlebih dahulu!
lakukan ini sambil jalan..sambil action. Karena dengan melakukan hal ini berbarengan dengan perekrutan, kita akan melihat masalah2 langsung yg mungkin kita hadapi saat merekrut, jadi segala pertanyaan bisa dibawa ke kelas training dan kita bisa dapat jawaban yg memuaskan :-)
.. pepet terus upline kita. Gangguiiiin terus mereka dengan pertanyaan2 yg kita belum ngerti. gapapa koook, upline yg baik pasti senang diganggu oleh anggota tim-nya yg banyak tanya dan mau belajar hal baru..
.. minta bantuan upline kita dalam hal presentasi saat perekrutan. Karena akan terjadi 'learning by doing' disini. Kenapa ini penting? Semakin sering kita mendengarkan presentasi, semakin hapal, semakin mengerti pula kita mengenai sistem, PLUS kita juga jadi bisa belajar caranya bagaimana mempresentasikan sitem bisnis kepada calon member baru.

Jika kita adalah upline dari konsultan baru, dan ini adalah bulan pertama dari downline baru kita tersebut..
.. sampaikan hak para downline baru berupa promo welcome program 1, 2, 3 dan juga tentang business class. Beritahukan kepada mereka hal ini secara detail.
Oriflame sendiri memberikan promo welcome program 1,2,3 tentunya bukan dengan maksud. Tentunya agak para konsultan baru tersebut merasakan excitement di bulan2 awal mereka bergabung, sehingga terpupuk terus sampai ke bulan-bulan selanjutnya.
.. bantu para konsultan baru menentukan target mereka. Dengan mengetahui target pencapaian mereka, akan lebih mudah buat kita untuk membantu mengarahkan dan merencanakan langkah2 dalam mencapai target tersebut.
.. bantu konsultan baru kita dalam mempresentasikan sistem bisnis di bulan-bulan awal mereka bergabung. Dengan demikian, mereka merasa cukup terbantu sekaligus dapat belajar untuk nantinya bisa mandiri melakukan presentasi sendiri.
.. selalu menerima pertanyaan2 dari para konsultan baru, menjawabnya dengan cepat, dan arahkan mereka untuk selalu hadir di kelas2 training maupun pertemuan rutin yg diadakan klub kita.

Jadi, bulan pertama gak hanya penting buat para konsultan baru, tapi juga upline-nyaaa.. hehehehe
Lakukan semua yg terbaik di bulan pertama kita di oriflame. Kalau ada kendala, ya biasa, namanya juga usahaaa.. ya kan?
Tapi percaya deh, saat bulan2 awal yg katanya sulit itu terlewati, senyum kita pasti bakalan lebaaaaaaaaar bangeeeet..
Daaaaaaan, jika kita berhasil melewati bulan pertama dengan sukses, artinya kita juga sudah berhasil mengalahkan keragu2an diri kita sendiri, dan tentunya lebih baik dari 50% orang yg memutuskan berhenti di bulan pertama tadi.

Selamat berjuaaaang! :-)))


gambar diambil dari sini

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar