Berapa banyak 'modal'-ku setiap bulan?


Namanya bisnis, pasti butuh modal.. gak mungkin enggak.
Bedanya, satu usaha dengan usaha yg lain tentunya berbeda jumlah modal yg harus kita keluarkan. Bisa bermodal besar, bisa juga bermodal kecil.

Di oriflame ya juga sama. Modal pertama yg kita keluarkan tentunya adalah uang pendaftaran yg sebesar 39.900 rupiah itu. Dan katalog 20pc dengan harga 33.900 rupiah.
Total: 73.800
Itu adalah modal standar kita saat memulai bisnis ini.


Lalu, kalau ada yg bertanya, aku sendiri menghabiskan modal berapa banyak sih setiap bulannya dalam bisnis ini?

Oke, mari kita mulai dengan katalog.
20 pc katalog oriflame harganya 33.900 rupiah.
Minimal aku membeli 100 katalog setiap bulan.
Haaaaah? banyak bangeeeet!
Emang.. hehehehehe..
Dengan titel Director yg aku punya sekarang, per bulan ini aku sudah punya sekitar 850 member didalam jaringanku. Artinya ada banyak leader2 yg harus aku bantu saat presentasi, dan aku juga mengadakan pertemuan2 kecil untuk mereka. Belum lagi rekrutanku pribadi. Modal merekrutku ya file presentasi dan katalog!
Setiap orang rekrutan baru selalu aku kasih katalog, dan bukan cuma 1.. rata2 aku kasih 3 katalog. Belum lagi kalau bikin pertemuan2 kecil.. yg hadir pasti aku kasih katalog juga.
20 katalog tentunya gak cukup.
Tapi kan bonusku juga udah lumayan, jadi pengeluaran untuk beli katalog ini tentunya tidak memberatkan.
Lagian, kalau untuk beli katalog sih aku gak pernah ngerasa 'sayang' ngeluarin uangnya.. :-)
Kok?
Ya iya, karena katalog ini ibarat 'toko' buatku. Punya 1 toko, kita dapat untung lumayan, punya 2 toko tentunya untung kita lebih banyak. Naaaah, apalagi kalau tokonya 200 biji.. huihihihihi
total modal katalog (minimal) 100 PC --> 5 (20 pc) x 33.900 = 169.500


Lalu flyer promo.
Oriflame nih emang perusahaan yg baik beneeer sama para konsultannya. Selalu diberi kemudahan dalam menjalankan bisnisnya. Salah satunya dengan mengeluarkan promo dengan hadiah2 seru. Biasanya, untuk promo2 khusus seperti ini oriflame menyediakan flyer khusus yg bisa kita beli. Jadi saat kita presentasi di depan calon member baru, kita bisa berikan selembar kepada mereka.
harganya murah koook!
rata2 harga flyer ini 300 rupiah perlembar. Kertasnya cantiiik pula.
Aku beli minimal 500 pc..
Biasanya flyer promo aku sertakan dengan katalog. Setiap new member aku kasih 5-10pc untuk kemudian bisa mereka gunakan untuk merekrut kembali.
total modal flyer (minimal) 500 PC --> 500 pc x 300 = 150.000

That's it..
Cuma itu kok modal utama menjalankan bisnis ini. Selebihnya ya standar seperti pekerjaan2 yg lain. Butuh biaya transport untuk ke kantor (oriflame) kalau mau order atau urusan costumer care dan butuh biaya transport untuk mendatangi calon klien (calon donlen).
Malahan, oriflame sekarang sudah lebih memudahkan soal urusan order mengorder barang dan urusan costumer care. Semuanya bisa dilakukan dengan 1 klik via website oriflame yg keren bener.

Jadii, modal itu tetap perluuu. Gak bener kalo katanya bisnis MLM gak pake modal.
Kalo gak pake modal sih namanya bukan bisniiis, ya gak?
Tapi percaya deh, setiap modal dan usaha yg kita keluarkan, pasti akan berbuah jadi keuntungan kalau kita konsiten menjalankan bisnis ini.

Masa iya, gak mau ngeluarin modal standar sebesar 73.800 rupiah buat jadi bonus jutaan? :-)))

Komentar

Posting Komentar