Senin, 19 Juli 2010

Pilih mana: jadi PEMAIN atau jadi PENONTON?

Hari minggu, 18 Juli 2010 kemarin, aku jadi peserta di event seminar motivasi dengan pembicara Dharmadi Darmawangsa. Ini adalah seminar kedua yg aku ikuti dengan mengundang speaker yg sama.
Acara 4 jam yg full motivasi, semangat, dan bener2 nge-recharge semangat ini memang LUAR BIASA!

Dari sekian banyak cerita motivasi dari dharmadi, ada satu yg menurutku sangat simple dan mengena sekali. Pas banget dianalogikan dengan bisnis oriflame yg sedang aku jalankan sekarang, dan dulu sempat aku alami sendiri, sebelum nyemplung beneran sebagai konsultan oriflame.

Dharmadi bilang, dunia bisnis itu bisa diibaratkan sebagai permainan sepak bola, ada pemain dan ada penonton. Dan ternyata perbedaan antara kedua jenis ini sangatlah signifikan.

Jumlah pemain lebih sedikit dari penontonnya.
Ini sama persis dengan bisnis oriflame yg sdg aku jalankan sekarang. Pelaku bisnis oriflame di indonesia itu baru 400.000-an orang lho!
Bayangkan, padahal ada sekitar 250 juta penduduk indonesia saat ini. Okelah, mari kita potong dengan yg nenek2 dan kakek2 50 juta orang. Trus yg anak2 and belom mungkin berbisnis 100 juta orang. Liat deh, sisanya masih ada 100 juta orang calon prospekan kita!
jadi gak ada deh yg namanya, "duh, males join mbaaak, soalnya yg join oriflame udah banyaaaak!"
anda salah besar! :-)
Dan coba liat pedagang bayam di pasar tebet timur dalam, depan rumah saya.. hihihihihi..
Itu yg namanya tukang bayam berjejeran sebelah2an! Dan tetep ada aja yg beli ke masing2 lapak bayam yg ada. Intinya, kalopun memang sudah banyak konsultan oriflame di sekitar anda, rejeki kita sudah ditentukan kok sama allah, jadii.. gak perlu khawatir dan gak bisa dijadikan alasan lhooo.. :-)

Pemain dibayar, sedangkan penonton membayar!
Wohooooo.. aku paliiing suka bagian sini! hihihihihi..
Bener juga ya, kami selaku pemain dalam bisnis oriflame inilah yg menerima uang dari 'permainan' kami di lapangan bisnis.
Udahnya jadi 'bintang lapangan' karena ditonton banyak orang, dibayar pula, tentunya menyenangkan.. :-))

Pemain dan penonton memiliki tujuan berbeda saat datang ke pertandingan..
pertama, perbedaan yg paling jelas ya pemain dtg untuk bermain, sedangkan penonton datang untuk menonton.. *penjelasannya memang agak kurang penting*..
hihihihihi..
Selain itu, penonton datang ke pertandingan, gak semua bener2 pengen nonton permainan di lapangan. Ada yg pengen liat pemainnya yg ganteng, ada yg pengen nemenin pacar, suami, istri atau temennya, ada yg datang karena dapat tiket gratis, ada yg datang karena gak ada kerjaan barangkali? huhuhuhuhu..
Tapi pemain, cuma punya satu tujuan saat mereka datang ke pertandingan, bermain dan MENANG!

Setelah kita memutuskan menjadi seorang pemain, dan menginjakkan kaki ke arena pertandingan, pilihan kita hanya 2, menang atau kalah.
Kita juga hidup bukan 3 kali, bukan 2 kali, tapi hanya sekali. Pilihannya pun juga cuma 2, mau sukses atau tidak sukses dalam menjalani hidup ini.
Tinggal kita yg menentukan, mana yg jadi pilihan kita.

Jadi PEMAIN atau jadi PENONTON adalah pilihan. Aku pernah jadi penonton, dan sekarang menikmati betul yang namanya jadi pemain. Jadi aku tau benar bedanya apa yg dihasilkan. Jadiii aku mau ngajakin sebanyak mungkin teman2 untuk sama2 jadi pemain bersamaku.

 Sooooo, ada yg mau jadi pemain bareng2 aku?

SMS/WA 08157114356

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar